Cara Install VMWARE Pada Windows XP

1. Pertama cari Software Vmware, klo saya pake yang versi 5, klo kamu?

2. License Agreement
Clik Yes, I accept the terms in the agreement trus clik next lagi…next lagi
3. Masuk ke Destination Folder
Yaa tinggal mo diletakkan dimana de’? Suka² kamu lah, pilih Change
Atw pilih defaultnya aja..! next lagi

4. Configure Shortkets
Saya pilih untuk ditampilkan di Desktop saja, lainnya hilangkan
Next lagi..
5. Siaaappp…!!! Clik Install
Tunggu sekitar 3 menit :-w . . . .
6. Yupps Finish deh, guaammpang ikh.. ” lha wong cuma tinggal next next
aja j.. anak TPA aja bisa Mas ”

Emm.. sekarang kita coba bareng² lagi install RHEL 4 dari virtual machine yang baru saja kita masukin di windows kita. Yuk…zhuuu

7. Buka Vmware Workstation yang ada pada desktop
8. Pilih New Virtual Machine

9. Welcome to the New Virtual Machine Wizard – clik next
10. Select the Appropriate Configuration – pilih Typical aja
11. Select a Guest Operating System

Disini saya akan pilih OS-nya pake Linux dan Version pilih Red Hat Enterprise Linux 13. Karena RHEL 4 setara dengan Oracle Enterprise Linux 4
Clik Next lagi…

14. Name the Virtual Machine

Bebas loh mo kasih nama apa, misal : OracleEL 4 ato yang lain, klo lokasi penyimpanannya biar mudah mengingat kasih Folder name sendiri aja and yang penting Drive-nya gede. Atau Free Space Harddisk paling gak 15 Gb lah

15. Network Type
Pilih defaultnya Use bridget networking, maka PC virtual yang kita buat akan otomatis ke LAN.
Klo hanya akan melakukan koneksi dalam satu PC saja bisa pilih Use host-only networking

Pilih defaultnya Ok, Next…

16. Specify Disk Capacity

Kita rinci saja untuk kebutuhan Oracle softwarenya 3,5 Gb lah. Untuk Database 5 Gb dan 3,5 Gb lagi untuk Linux. Tapi boleh saja kita kasih 15 Gb, dan beri centang pada Split disk into 2 Gb files. Hardisk virtual yang akan kita buat ini bukanlah hardisk beneran tapi merupakan file yang dianggap sebagai hardisk virtual dan akan lebih aman jika di split 2 Gb.

Clik Finish
Yup… PC udah selesai kita buat, tapi hati-hati.., lihat dulu spec yang ada, apakah sudah sesuai dengan anjuran dari ORACLE Technology Network.
Kita naikan memory nya jadi 512 yaaa misal lho, ga harus.. lebih gede-an jg boleh asal ga melebihi RAM pada PC sesungguhnya, yang penting sesuai rekomendasi dari Oracle aja wis.

Clik pada icon kunci pas / Edit virtual mechine setting dan edit dari situ

sumber:www.akakom.ac.id

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: