Enkripsi, Proteksi USB Disk Dengan Password

USB Disk atau USB stick atau flash disk adalah peralatan yang sering dibawa-bawa kemanapun Anda pergi. Flash disk ukurannya kecil dan mudah untuk dibawa, banyak orang yang menggunakannya untuk berbagi data dengan teman dan lainnya. Dengan seringnya flash disk berpindah tangan untuk proses perpindahan/peng-copy-an data, maka tingkat risikonya sangat tinggi untuk seseorang dapat mengakses data penting Anda (dimana data tersebut lebih berharga dibanding harga flash disk) dan kehilangannya. Bagaimana caranya untuk menghindari hal tersebut.

Pada postingan ini akan kita review tool gratis yang disebut Rohos Mini Drive yang akan mengizinkan Anda untuk membuat partisi yang dienkripsi dan tersembunyi pada flash disk Anda! Aplikasi ini bersifat portable dan end user (dengan siapa Anda berbagi data) tidak perlu memiliki program spesial pada pc mereka untuk dapat mengakses file pada partisi yang tersembunyi, karena bisa dibawa melalui flash disk yang sama. End user hanya perlu mengetahui password dari volumen flash disk yang diproteksi.

Partisi yang Anda buat dengan menggunakan Rohos Mini Drive tidak dapat langsung terlihat ketika flash disk dicolok pada USB komputer. Partisi ini tersembunyi dan hanya bisa ketika Anda menjalankan aplikasi Rohos (yang ada dalam flash disk) dan memasukkan password yang benar, maka partisi tersembunyi dapat terlihat. Rohos Mini Drive tidak membutuhkan administrative privileges untuk dapat dijalankan. Rohos Mini Drive sangat berguna ketika Anda ingin mengakses data penting pada flash disk dengan mencoloknya pada komputer publik dimana Anda tidak memiliki hak administratif.

Fitur dari Rohos Mini Drive

  1. Membuat partisi enkripsi virtual dalam ruang kosong flash disk.
  2. Mendeteksi konfigurasi flash disk secara otomatis dan membuat ekripsi partisi.
  3. Portable application dapat bekerja dengan partisi yang terenkripsi pada komputer lain tanpa hak Administrator. Anda bisa menjalankannya langsung dari flash disk.
  4. Partisi yang terenkripsi diproteksi dengan password.
  5. Enkripsi otomatis.
  6. Algoritma enkripsi: AES 256 bit. Menggunakan NIST compliant encryption standard.
  7. Virtual Keyboard – untuk memproteksi password enkripsi dari keylogger.
  8. Autorun Folder – Shortcut akan jalan secara otomatis ketika ada koneksi disk.
  9. File Virtualization – Membuka file pada PC dengan hak Admin via Rohos Disk Browser dengan aplikasi yang terhubung.
  10. Batas ukuran partisi yang dienkripsi adalah 2GB.

Program Rohos Mini Drive tidak membuat partisi nyata pada flash disk. Maka dari itu hanya akan muncul satu drive saja ketika Anda mencolok flash disk ke USB komputer Anda. Drive kedua akan muncul setelah Anda memasukkan password yang benar.

Bagaimana menginstall Rohos Mini Drive

Walaupun Rohos Mini Drive bersifat portable dan tidak memerlukan hak administratif untuk menggunakannya pada flash disk, langkah pertama untuk membuat sebuah enkripsi, flash disk yang terproteksi dengan password, Anda perlu menginstall dan menjalankan aplikasinya pada PC Anda. Ini akan membutuhkan hak administratif.

  • Download Rohos Mini Drive
  • Klik dua kali file exe yang telah didownload dan jalankan.
  • Pilih bahasa yang diinginkan. Tersedia bahasa Inggris, Prancis, Jerman, Belanda, Italia dan Portugis.
  • Lanjutkan wizard sesuai instruksi instalasinya.

Bagaimana membuat partisi USB yang aman, terenkripsi, dan terproteksi password

Setelah menginstall Rohos Mini Drive pada PC Anda, Anda bisa melanjutkan untuk membuat partisi USB aman, terenkripsi, terproteksi password dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

Buka aplikasi Rohos Mini Drive dari ikon shortcut pada desktop Anda atau dari menu start.

  • Pada jendela utama Rohos Mini Drive, klik “Setup USB Key”.
  • Rohos Mini Drive akan mendeteksi USB key dan akan muncul jendela “Setup USB Key”. Secara default akan tampil satu daftar drive USB namun jika Anda memiliki beberapa flash disk yang dicolok ke komputer, Anda bisa mendeteksinya secara manual dengan cara klik Change pada “USB Devices has been found”. Aplikasinya juga akan secara otomatis melakukan set up ukuran partisi (500 megabytes), disk letter (R:, pada kasus ini), file system (NTFS) dan algoritma enkripsi. Anda bisa merubahnya pada jendela “Disk Details”, yang akan muncul ketika Anda klik Change pada “Partition Image File”. Pastikan juga bahwa file image dibuat pada flash disk. Klik “OK” pada jendela “Disk Details” setelah melakukan perubahan….jika ada.
  • Pada jendela “Setup USB Key” tentukan password Anda untuk dapat mengakses flash disk dan klik “Create Disk”.
  • Rohos Mini Drive akan mulai membuat volume yang dienkripsi pada flash disk Anda.
  • Setalah selesai, akan muncul pesan selesai.

Maka Anda sudah membuat partisi USB yang terproteksi dengan password pada flash disk Anda. Arahkan ke drive partisi pada flash disk Anda (R:) melalui Windows Explorer dan Anda bisa menyimpan data penting pada partisi tersembunyi tersebut dan menginstall applikasi portable Anda.

Untuk mengakses volume yang terenkripsi dengan menggunakan komputer lainnya (misalnya komputer di rental), arahkan ke flash disk melalui Windows Explorer, dan Anda akan melihat ikon aplikasi Rohos Mini. Klik dua kali dan masukkan password yang Anda set, selanjutnya Anda bisa mengakses data dan aplikasi portable Anda

sumber : http://www.komputertips.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: